Melafalkan [Li Fo Da Chan Hui Wen] di Hari Raya Khusus & Hari Kelahiran Para Buddha

Tanya #161:

Master pernah berkata pada waktu tahun baru atau hari-hari besar lainnya boleh melafalkan lebih banyak {Li Fo Da Chan Hui Wen}, hal ini bisa menghapuskan banyak karma buruk kita, mohon petunjuknya boleh melafalkan berapa kali? Apakah perlu disertai dengan membakar Xiao Fang Zi? Ada larangan apa saja?

Jawab #161:

• Setiap malam tahun baru Imlek (tanggal 30 bulan 12 penanggalan lunar), hari pertama tahun baru Imlek, tahun baru masehi, Cap Go Meh (penanggalan lunar bulan pertama hari ke 15), hari besar peringatan para Buddha dan Bodhisattva (hari kelahiran, hari Upasampada atau hari pelepasan agung, hari Pencerahan Sempurna) dan hari-hari raya lainnya, boleh melafalkan lebih banyak {Li Fo Da Chan Hui Wen} untuk menyesali dan menghapuskan karma buruk, karena di hari tersebut banyak Buddha, Bodhisattva dan Pelindung Dharma yang turun ke dunia, dengan melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen} lebih banyak bisa menghapuskan banyak karma buruk kita.

• Di malam tahun baru Imlek dan di hari pertama tahun baru Imlek boleh melafalkan 87x {Li Fo Da Chan Hui Wen} (catatan: jumlah {Li Fo Da Chan Hui Wen} yang dilafalkan di kedua hari ini tidak boleh lebih dari 87x, bila melafal terlalu banyak maka balasan karma buruk bisa datang lebih cepat); hari besar lainnya seperti tahun baru masehi, Cap Go Meh, festival musim gugur (zhong qiu jie), dan hari kelahiran Buddha atau Bodhisattva lainnya, boleh melafalkan maksimal 27x; di hari raya Ulambana (zhong yuan jie), boleh melafalkan tidak lebih dari 21x; di setiap tanggal 1 dan 15 penanggalan lunar boleh melafalkan tidak lebih dari 13x.

• Berikut ini adalah jumlah pelafalan {Li Fo Da Chan Hui Wen} di berbagai hari peringatan para Buddha dan Bodhisattva :
 Bulan 1 tanggal 1 penanggalan lunar, hari kelahiran Mi Le PuSa – 87x {Li Fo Da Chan Hui Wen} (bisa memulai pelafalan dari malam menjelang Imlekatau tanggal 30 hari terakhir tahun lunar, menyelesaikan pelafalan sejumlah 87x dalam dua hari ini)
 Bulan 2 tanggal 8 penanggalan lunar, hari Upasampada Buddha Sakyamuni – 27x
 Bulan 2 tanggal 15 penanggalan lunar, hari Parinibbana Buddha Sakyamuni – 27x
 Bulan 2 tanggal 19 penanggalan lunar, hari kelahiran Guan Shi Yin Pu Sa – 27x
 Bulan 4 tanggal 8 penanggalan lunar, hari kelahiran Buddha Sakyamuni – 27x
 Bulan 6 tanggal 19 penanggalan lunar, hari pencapaian kesempurnaan Guan Shi Yin Pu Sa – 27x
 Bulan 7 tanggal 13 penanggalan lunar, hari kelahiran Da Shi Zhi Pu Sa – 27x
 Bulan 7 tanggal 30 penanggalan lunar, hari kelahiran Buddha Ksitigarbha atau Di Zang Wang Pu Sa – 27x
 Bulan 8 tanggal 22 penanggalan lunar, hari kelahiran Buddha Dipankara atau Ran Deng Gu Fo – 27x
 Bulan 9 tanggal 19 penanggalan lunar, hari Upasampada Guan Shi Yin Pu Sa – 27x
 Bulan 11 tanggal 17 penanggalan lunar, hari kelahiran Buddha Amitabha – 27x
 Bulan 12 tanggal 8 penanggalan lunar, hari pencapaian kesempurnaan dari Buddha Sakyamuni – 27x

• Berikut ini adalah jumlah pelafalan {Li Fo Da Chan Hui Wen} di hari-hari raya khusus lainnya:
 Setiap tanggal 1 dan 15 penanggalan lunar yang jatuh di bulan Desember sampai sebelum Imlek – 21x
 Tanggal 29, 30, 31 Desember dan tanggal 2, 3 Januari – 21x
 Tahun baru masehi, tanggal 1 Januari – 27x
 Bulan 12 tanggal 29 penanggalan lunar – 21x
 Bulan 12 tanggal 30 penanggalan lunar (malam tahun baru Imlek) dan bulan 1 tanggal 1 penanggalan lunar, total jumlah pelafalan dalam 2 hari ini – 87x (di tahun penanggalan lunar yang tidak memiliki tanggal 30 di bulan ke 12, maka boleh melafalkan sejumlah 87x {Li Fo Da Chan Hui Wen} dalam 2 hari, yakni di bulan 12 tanggal 29 dan bulan 1 tanggal 1 penanggalan lunar. Di bulan 12 tanggal 28 penanggalan lunar melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen} 21x).
 Bulan 1 hari kedua dan ketiga penanggalan lunar – 21x
 Bulan 1 hari ke 15, hari raya Cap Go Meh – 27x
 Bulan 7 tanggal 15 penanggalan lunar, hari suci Ulambana (zhong yuan jie) – 21x
 Bulan 8 tanggal 15 penanggalan lunar, hari raya festival pertengahan musim gugur (zhong qiu jie) – 27x
 Setiap tanggal 1 dan 15 penanggalan lunar – 13x
 Sewaktu Master menyelenggarakan Seminar Dharma, setiap hari boleh melafalkan maksimal 49x {Li Fo Da Chan Hui Wen}; jika membakar {Li Fo Da Chan Hui Wen} cadangan, setiap hari hanya boleh membakar maksimal 21x {Li Fo Da Chan Hui Wen}. Tidak boleh melafalkan melebihi jumlah yang ditentukan, jika tidak maka buah karma buruk akan datang dengan cepat. Sewaktu Seminar Dharma, di dalam Guan Yin Tang yang ada di dalam gedung Seminar dan dengan keadaan dupa masih menyala, boleh melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen} selama 24 jam; bila berada di bagian lain dalam gedung Seminar (seperti di lorong atau tempat lainnya), mulai dari pukul 5 pagi sampai pukul 10 malam boleh melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen}, tetapi tidak boleh lewat dari pukul 10 malam.

• Jumlah pelafalan di atas termasuk juga jumlah pelafalan untuk PR harian, setelah melafalkan atau membakar sesuai dengan ketentuan di atas, jangan lagi menambahkan pelafalan {Li Fo Da Chan Hui Wen}, juga jangan melafalkan lagi untuk disimpan, bila tidak maka buah karma buruk akan datang dengan cepat.

• Hari-hari raya yang disebutkan di atas, hari peringatan Buddha dan Bodhisattva, tahun baru masehi, tahun baru Imlek, Cap Go Meh, hari hari raya Ulambana, hari festival pertengahan musim gugur, dan lainnya, bagi umat yang memiliki altar di rumah, boleh memasang dupa pertama atau dupa awal, dan dalam keadaan dupa menyala, boleh melafalkan paritta semalaman suntuk (sampai pagi), selain hari-hari ini, hari biasanya tetap melafalkan paritta sesuai dengan ketentuan. Di hari di mana boleh memasang dupa pertama, jika ada altar di rumah, maka boleh melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen} selama 24 jam, tetapi selain hari-hari khusus, termasuk tanggal 1 dan 15 penanggalan lunar, jangan melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen} setelah pukul 10 malam dan sebelum pukul 5 pagi. Bagi umat yang tidak memiliki altar, walaupun pada hari besar di mana boleh memasang dupa pertama, jangan melafalkan paritta semalaman suntuk, juga tidak boleh melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen} selama 24 jam, hanya boleh melafalkan paritta setelah memasang dupa hati (bervisualisasi) seperti hari-hari biasanya.

• Pelafalan {Li Fo Da Chan Hui Wen} ini sebaiknya ditujukan khusus untuk menyesali dan meminta maaf atas suatu kesalahan yang dilakukan di kehidupan ini, seperti menusuk atau mengerjai orang dari belakang, pernah melihat buku-buku atau video yang kurang bagus dan lainnya. Setelah selesai melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen} yang ditujukan khusus untuk suatu hal, lalu bertobatlah dengan tulus, maka bisa langsung menghapus karma buruk Anda, dan tidak perlu khawatir buah karma buruk tersebut akan datang, maka dalam keadaan seperti ini tidak perlu dibarengi dengan membakar Xiao Fang Zi. Jika tidak ada hal khusus yang dituju, boleh mengucapkan: “Mohon Guan Shi Yin Pu Sa yang Maha Welas Asih memberkati saya XXX, mengurai hubungan buruk dan menghapuskan karma buruk saya.”

• Melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen} di hari-hari istimewa ini biasanya ditujukan untuk menyesali suatu kesalahan yang pernah diperbuat, dan dalam keadaan ini, buah karma buruk tidak akan langsung berbuah, tetapi bila karma buruk yang diperbuat cukup berat, jika hanya dengan melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen} maka akan sulit menghapusnya, sebaiknya disertai dengan Xiao Fang Zi.

• Jika saat memohon, mengatakan untuk menyesali karma buruk yang diperbuat di kehidupan ini, atau menghapuskan karma buruk dari kehidupan sebelumnya yang menyebabkan kesulitan dalam suatu bidang, maka mungkin buah karma buruk akan segera datang. Contohnya, memohon untuk menyesali karma buruk di tubuh saya, menghapuskan karma buruk yang menyebabkan keretakan rumah tangga, atau ditujukan untuk menghapus karma buruk yang menyebabkan penyakit serius di salah satu organ dan lain-lainnya, karena biasanya penyakit menahun, masalah rumah tangga dan percintaan sebagian besar dikarenakan karma buruk di kehidupan sebelumnya, maka akan sulit untuk dihapuskan dengan hanya melafalkan puluhan kali {Li Fo Da Chan Hui Wen}, sebaiknya disertai dengan membakar Xiao Fang Zi.

• Maka demi kebaikan kita sendiri, saat melafalkan lebih banyak {Li Fo Da Chan Hui Wen}, disesuaikan dengan kondisi pribadi masing-masing, boleh membakar beberapa lembar Xiao Fang Zi, dan itu akan membuat kita menghapus karma buruk dengan lebih baik.

• Jika di rumah tidak memasang altar, maka harus bervisualisasi terlebih dahulu (memasang dupa hati) baru boleh melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen}, juga boleh pergi ke tempat teman se-Dharma yang memiliki altar di rumah atau pergi ke kuil atau kelenteng sekitar yang ada rupang Guan Shi Yin Pu Sa, setelah bersembah sujud memberi hormat, lalu melafalkan paritta ini di tempat lain. Bila tidak memiliki altar di rumah, dan jika melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen} di hari tersebut terbagi menjadi beberapa kali, maka setiap kali akan memulai pelafalan harus bervisualisasi terlebih dahulu. Bagi umat yang memiliki altar di rumah, jika di hari tersebut berada di luar rumah dan tidak sempat untuk memasang dupa, juga harus bervisualisasi terlebih dahulu baru mulai melafalkan paritta.

• {Li Fo Da Chan Hui Wen} sebaiknya dilafalkan seluruhnya di hari tersebut, secara langsung mengakui kesalahan kepada Pu Sa, maka hasilnya akan lebih baik. Jika memang tidak sempat untuk melafalkan seluruh jumlah yang ditentukan di hari tersebut, maka boleh melafalkannya terlebih dahulu dengan mengumpulkan Zi Xiu Jing Wen (paritta cadangan) lalu dibakar di hari tersebut. Format Zi Xiu Jing Wen ini bisa diunduh di blog Master di bagian kiri, contohnya, di tanggal 1 atau 15 penanggalan lunar, boleh menggunakan format yang berisi 9 atau 12 paritta, dilafalkan sebelum harinya, bila waktu Anda tidak memungkinkan boleh dibakar di hari tersebut, lalu sisanya bisa dilafalkan di hari itu juga; di malam tahun baru Imlek dan hari pertama tahun baru Imlek boleh menggunakan format yang berisi 81 paritta atau lebih kecil dari itu; di hari peringatan para Buddha boleh menggunakan format yang berisi 27 paritta atau lebih kecil dari itu. Jumlah paritta {Li Fo Da Chan Hui Wen} cadangan yang dibakarkan tidak boleh melebihi jumlah paritta yang bisa dilafalkan di hari tersebut.

• Paritta cadangan {Li Fo Da Chan Hui Wen}, hanya boleh dibakar setelah memasang dupa di altar; jika tidak memiliki altar, tidak boleh membakar paritta cadangan {Li Fo Da Chan Hui Wen}.

• Biasanya, dari pertengahan bulan Desember sampai tanggal 15 bulan pertama penanggalan lunar, sebaiknya melafalkan lebih banyak paritta {Li Fo Da Chan Hui Wen} untuk menghapuskan karma buruk kita, boleh melafalkan 7x setiap hari dalam jangka waktu ini, baik bagi umat yang memiliki altar maupun yang tidak.

• Di hari-hari besar ini, juga boleh membantu anggota keluarga untuk melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen}, tentu saja tidak boleh melebihi jumlah pelafalan yang sudah ditentukan. Tetapi anggota keluarga yang dibantu juga harus beragama Buddha dan memang juga melafalkan paritta, dalam keadaan kedua belah pihak saling mengetahui (anggota keluarga tersebut setuju untuk dibantu melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen}), kita baru boleh melafalkan paritta ini untuknya. Jika anggota keluarga tersebut tidak beragama Buddha, juga tidak melafalkan paritta dan membuat Xiao Fang Zi, tidak memiliki dasar apa pun, maka hasilnya tidak akan bagus, lebih baik melafalkannya untuk diri sendiri dengan setulus hati. Di hari-hari besar, sebaiknya jangan melafalkan terlalu banyak {Li Fo Da Chan Hui Wen} untuk orang lain pada waktu yang sama.

• Di hari-hari besar, banyak melafalkan dan membakar Xiao Fang Zi juga bagus, maka untuk lebih aman, saat melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen} dalam jumlah yang banyak, sebaiknya lebih banyak membakar Xiao Fang Zi.

• Bagi ibu hamil atau wanita yang baru melahirkan atau masih dalam masa nifas (40 hari setelah melahirkan), dalam keadaan apa pun, termasuk di hari-hari besar, jumlah paritta {Li Fo Da Chan Hui Wen} yang dilafalkan tidak boleh lebih dari 7x.

• Anak kecil yang berumur 5 tahun atau lebih, boleh melafalkan lebih banyak paritta {Li Fo Da Chan Hui Wen}, sebelum melafalkan boleh memohon: “Mohon Guan Shi Yin Pu Sa yang Maha Welas Asih memberkati saya XXX mengurai hubungan buruk, dan menghapuskan karma buruk”. Biasanya anak berumur di bawah 12 tahun di hari besar ini tetap tidak boleh melafalkan lebih dari 7x (termasuk PR harian di hari itu). Anak yang berumur 12 tahun ke atas baru boleh membuat paritta cadangan {Li Fo Da Chan Hui Wen}. Anak yang berumur 18 tahun ke atas baru boleh melafalkan 87x {Li Fo Da Chan Hui Wen} di malam tahun baru Imlek dan di hari pertama tahun baru Imlek. Anak yang berumur di antara 12 sampai 18 tahun, boleh melafalkan maksimal 49x {Li Fo Da Chan Hui Wen} di malam tahun baru Imlek dan di hari pertama tahun baru Imlek.

分享/Share:
注:
  • 文字记录适合同修学习心灵法门知识和查阅相关问题。若同修有时间请尽量多听原录音,因为听录音可以接到台长的气场。
  • 录音文字整理尽量保持与原录音一致。但因对话交流带有语气,文字整理不可能完全还原情境。
  • 录音中部分问题台长回答为个例,请勿以个别代普遍。
  • 如读者遇到文字记录与自己理解差异较大的内容请以原录音为准(每段文字记录均有标注原录音时间段,方便查找)。
  • 节目文字整理涉及的开示是节目录音当前日期的开示,后续若同修听到或看到同类问题新的开示,请以新开示为准。
  • 本文字内容未经东方台审核,请谨慎擅自编辑成书及出版!

学佛改变命运

下载免费结缘“心灵法门”初学者步骤

Watch on YoutubeListen on Apple PodcastsListen on Spotify
Slide 1
Image is not available
心灵法门 现身说法
一家人修心灵法门后感情和睦,经济好转,孩子考试成绩提升。
Slide 2
Image is not available
心灵法门 现身说法
卢台长 佛友反馈 修了4年的心灵法门,带来巨大改变!不可不知!
Slide 3
Image is not available
心灵法门 现身说法
卢台长 佛友反馈 心灵法门的神奇功效,让我的事业情感 太太的健康直线上升!
previous arrow
next arrow

Was this article helpful?

相关文章